PAK GALIH

  • calender

    February 2009
    M T W T F S S
        Mar »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    232425262728  

Memperbaiki Hasil Cetakan Printer

Posted by pakgalih on February 7, 2009

Dalam kehidupan sehari-hari kita kita sangat bergantung pada pada kemajuan teknologi. Tak dapat kita sangkali bahwa teknologi sangat mempengaruhi kita, contoh komputer, setiap bagian-bagian dari komputer adalah kemajuan teknologi. Kita biasanya hanya bisa menggunakan teknologi, tetapi tidak bisa memperbaikinya. Berikut adalah salah satu cara untuk memperbaiki kemajuan teknologi yaitu hasil cetakan printer yang kurang maksimal, sebagai berikut :

Hasil cetakan kurang maksimal akibat salah pengisian tinta, berikut cara menanggulanginya :

Hasil cetakan kurang maksimal akibat salah pengisian tinta sangat sering terjadi di lapangan tempat saya melaksanakan kegiatan PRAKERIN (Praktek Kerja Insutri), langkah pertama yang saya lakukan untuk mengecek tintanya bagus warnanya atau tidak dengan menggunakan kertas tisu. Ambil katrid pada printer, kemudian pada bagian bawah sensor pada katrid, yaitu tempat keluarnya tinta kita tempelkan pada kertas tisu. Jika tintanya bagus warnanya biru, merah dan kuning (untuk katrid canon), dan kuning, merah dan biru (untuk katrid HP), sedangkan untuk jenis katrid tetes tidak bisa kita cek dengan menggunakan kertas tisu, melainkan dengan kita test cetak menggunakan komputer. Kalau sudah salah isi tinta susah/ tidak bisa diperbaiki.

Kembali pada masalah diatas untuk memperbaki katrid, jika tintanya tidak sesuai dengan warna diatas, maka langkah yang harus kita lakukan berikutnya dengan menguras tinta, caranya masukan air head cleaner kedalam katrid, tunggu beberapa saat. Kemudian dengan menggunakan suntikan kita keluarkan tintanya sampai habis.

Langkah berikutnya, setelah dikuras kita isi kembali katrid dengan tinta sambil mengingat uratan warnanya yang benar, kemudian andak kembali katrid pada pada printer, setelah itu test cetak. Kalau hasilnya bagus katridnya masih baik, tapi kalau hasilnya belum bagus, artinya katridnya rusak akibat salah isi tinta, terlalu lama dibiarkan dapat mengakibatkan kerusakan serius pada katrid.

Hasil cetakan kurang maksimal akibat tinta macet, berikut cara menanggulanginya :

Hasil cetakan kurang maksimal akibat tinta macet disebabkan oleh printer lama tidak terpakai, sehingga tinta membeku dan tidak mau keluar.

Langkah pertama yang kita lakukan. Siapkan air panas, dan masukan kedalam wadah air (kotak). Ambil katrid pada printer, lalu masukan kedalam air panas (hanya bagian sensor kebawah), rendam beberapa menit. Setelah direndam kita cek di kertas tisu, kalau tinta belum mengalir dengan baik, kita bisa ambil suntik, yang gunanya memberikan tekanan udara kedalam katrid sehingga tintanya keluar. Kalau katridnya memang sangat lama tidak dipakai biasanya tintanya buntu dan tidak bisa diencerkan lagi.

Hasil cetakan kurang maksimal akibat sensor katrid kotor, berikut cara

menanggulanginya :

Hal ini bisa terjadi pada saat pengisian tinta, mungkin tangan kita terkena sensor sehingga mengakibatkan sensor kotor dan hasil cetakan kurang maksimal.

Langkah awal mengatasinya. Ambil katrid pada printer kemudian gosok dengan menggunakan penghapus pensil 2B, gosok dengan perlahan. Setelah itu bersihkan dengan kertas tisu.

Pasang kembali katrid pada printer.

Hasil cetakan kurang maksimal akibat head rusak, berikut cara menanggulanginya :

Hal ini bisa terjadi karena kita terlalu sering melakukan cleaning, kita bisa melakukan cleaning tapi kita harus memasang tempat pembuangan tinta pada printer, supaya tinta tidak banjir dan merusak head.

Hal ini sangat/ tidak bisa diperbaiki.

Untuk mencegah hal demikian terjadi, pertama-tama seharusnya kita memasang infus pada printer gunanya, supaya kita tidak salah isi tinta mempermudah pengisian tinta. Kedua kita harus memasang tempat pembuangan pada printer gunanya, supaya head tidak banjir dan menimbulkan kerusakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: